ide peluang bisnis, usaha sampingan, rumahan, waralaba, kerja sambilan, bisnis online, modal kecil yang menjanjikan dan menguntungkan

Sunday, November 9, 2014

Pencari Kroto dan Semut Rangrang

Inspirasi usaha dari wirausaha kecil kecilan pencari kroto. Meskipun saat ini sudah bisa dibudidayakan, ternyata masih ada yang mengandalkan alam untuk mencari kroto. Mencari kroto memang bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Saat ini usaha sampingan ternak kroto memang sedang populer. Namun tidak semua orang mengetahui cara budidaya ternak kroto, seperti para pencari kroto. Mereka mengandalkan alam untuk mendapatkan kroto, telur semut rangrang berbentuk seperti butiran nasi yang digemari burung itu.

Profil Pencari Kroto


Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

usaha sampingan kroto

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber dayanya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dapat digunakan dan dimanfaatkan kegunaannnya. Di Indonesia juga terdapat berbagai macam pekerjaan yang dapat digunakan untuk mencukupi berbagai macam kebutuhan hidup manusia. Bagi masyarakat yang mempunyai pendidikan yang cukup, dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Sedangkan yang tidak berpendidikan, mencari pekerjaan dengan dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya : masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam sebagai mata pencarian, untuk mencukupi kebutuhan yaitu bekerja sebagai pencari katak, pencari belalang dan masih banyak lagi pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.


Profesi pencari kroto adalah salah satu profesi dari sekian banyak profesi yang dilakukan oleh masyarakat. Profesi pencari kroto tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari – hari.

Kehidupan Sosial Pencari Kroto.

usaha sampingan kroto

Kehidupan sosial yaitu kehidupan yang di dalamnya terdapat unsur-unsur sosial/kemasyarakatan. Sebuah kehidupan disebut sebagai kehidupan sosial jika di sana ada interaksi antara individu satu dengan individu lainnya, dan terjadi komunikasi yang kemudian berkembang menjadi saling membutuhkan kepada sesama. Adapun yang menyamgkut unsur sosial misalnya nilai dan norma. Contoh nilai kesopan para pencari kroto masih memegang norma kesopanan mereka menghormati satu dengan yang lainnya. Dalam mengeluarkan pendapat dalam menentukan lokasi yang di tentukan mereka saling mengelurkan pendapat dan saling menghormati pendapat yang lainnya.

Dengan mencari kroto, mereka memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun kadang terasa kurang jika untuk kebutuhan hidup lainnya seperti biaya untuk menyekolahkan anaknya. Semua tahu, pendidikan bisa membantu meningkatkan perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai warga negara/masyarakat, Sebagaimana halnya dalam keluarga pencari kroto, pendidikan dianggap penting karena pendidikan bisa memperbaiki kehidupan lebih baik dari keadaan yang sekarang.

Interaksi Sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Dalam masyarakat pencari kroto mereka juga membutuhkan suatu interaksi sosial terhadap lingkungan masyarakat sekitar misalkan dalam bekerja sama mencari kroto antara pekerja yang laiinya hal ini dibutuhkan untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan mencari sendiri tanpa melakukan interaksi sosial, untuk menentukan suatu lokasi yang ingin dituju juga memerlukan kesepakatan bersama karena hal itu sangat lah penting supaya bisa mudah dan cepat untuk menghasilkan kroto. Hal ini yang dilakukan para pencari kroto, mereka saling membutuhkan satu sama lain dengan bekerja sama terutama dalam menentukan lokasi pencarian.


Kehidupan Ekonomi Pencari Kroto.

Kehidupan Ekonomi adalah upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara perorangan maupun kelompok dengan mempergunakan segala perangkat fasilitas yang berhubungan dan mendukung usaha dilakukannya kegiatan ekonomi, dengan maksud agar memperoleh kesejahteraan atau kemakmuran.Masalah ekonomi menjadi perbincangan utama dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu lingkup nasional maupun dunia internasional. Bahkan banyak permasalahan di Tanah Air yang terjadi dikatakan bahwa ini penyebabnya adalah Masalah Ekonomi. Kehidupan ekonomi yang dialami para pencari kroto akan terasa berat jika mengalami suatu masalah dalam bidang kesehatan, masalah pendidikan yang lebih tinggi. Belum bisa diatasi walaupun mereka sudah bekerja sangat keras.

Penghasilan Pencari Kroto

Penghasilan yang didapat dari penjualan kroto cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Pendapatan setiap harinya tidak menentu tergantung banyak sedikitnya kroto yang didapatkan dan tergantung pada cuacanya. Hasil yang didapatkan tidaklah banyak dibanding dengan membudidayakan semut krangkang yang hasilnya lebih banyak dari pada mencari dialam. Seorang pencari kroto biasanya sehari mendapat 2 ons yang di hargai Rp. 20.000. Namun jika sedang musimnya kroto bisa mencapai 1 kg yang dihargai Rp. 130.000.  Belum cukup untuk bisa memenuhi kehidupan sehari-hari, kebutuhan untuk biaya kesehatan, dan biaya pendidikan untuk keluarga.

Lokasi PencarianKroto

Lokasi pencarian kroto sangatlah luas dan banyak, mereka tidak hanya terpaku pada satu lokasi saja namun berpindah-pindah dari lokasi yang satu ke lokasi yang lain. Terkadang jarak yang ditempuh sangat jauh dan memakan waktu berjam-jam. Lokasi favorit mereka adalah di hutan. namun bila sudah jarang ditemukan kroto, mereka mencari di daerah pedesaan. Lokasi pencarian kroto tidak hanya satu tempat, mereka berpindah-pindah tempat untuk mendapatkan hasil kroto yang lebih banyak.
Bagi warga sekitar desa, pencari kroto kadang memberi manfaat bagi mereka. Mereka tidak merasa terganggu, tapi saya malah senang jika ada pencari kroto mengambil kroto di pohon, karena semut rangrang bisa merusak pohon.

Demikianlah profil singkat pencari kroto. Tidak menggantungkan diri pada uluran tangan orang lain, memanfaatkan kemampuan diri, berfikir kreatif, bekerja dan usaha keras untuk meningkatkan kehidupan ekonomi. Semoga menginspirasi.

Suka artikel ini? Bagikan:
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pencari Kroto dan Semut Rangrang

2 comments:

  1. Ijin Post Yahh bossku
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    ReplyDelete