ide peluang bisnis, usaha sampingan, rumahan, waralaba, kerja sambilan, bisnis online, modal kecil yang menjanjikan dan menguntungkan

Tuesday, November 4, 2014

Peluang Bisnis Peternakan Yang Menjanjikan

Peluang bisnis peternakan yang menjanjikan. Sepanjang tahun 2014, kebutuhan nasional daging sapi adalah 550.000 ton. Kita hanya mampu memproduksi sebesar 450.000 ton. Untuk memenuhi kekurangan, indonesia harus import daging. Dibanding tahun lalu, Produksi daging kita cuma meningkat 2 %. Padahal indonesia mempunyai potensi besar. Banyak peluang pengembangan bisnis sektor peternakan. Komoditi Sapi potong, termasuk sub sektor peternakan. Masih banyak jenis komoditi sektor peternakan lainya. misalnya, sapi perah, ayam potong, ayam buras, ayam petelur, kambing, itik, dll. Sungguh sayang jika peluang bisnis peternakan yang menjanjikan ini tidak diambil. Berternak tentu menambah penghasilan, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga sendiri akan kebutuhan daging. Bahkan dalam lingkup yang luas bisa membantu negara mengurangi ketergantungan import daging.

Langkah awal memulai bisnis peternakan.


peluang bisnis peternakan

Sebelum memulai, kita identifikasi dulu apa motivasi dan tujuan kita melakukan bisnis peternakan. Apakah hanya untuk memenuhi kebutuhan daging bagi keluarga sendiri atau menjadikan usaha peternakan sebagai sumber utama penghasilan. Manajemen pengelolaan keduanya tentulah berbeda. Dibawah ini mana yang sesuai dengan anda;
  1. anda hanya ingin menyalurkan hoby memelihara ternak.
  2. anda hanya ingin menyediakan daging segar untuk keluarga sendiri.
  3. anda hanya ingin menjual kepada masyarakat disekitar anda.
  4. anda hanya ingin menjadikan ternak sebagai alat bantu bercocok tanam.
  5. anda hanya ingin memanfaatkan lahan kosong anda.
  6. anda ingin menjadikan bisnis peternakan ini sebagai sumber penghasilan.

Mana yang sesuai dengan tujuan anda, 1, 2 atau bahkan semuanya?. Memulai bisnis, peternakan boleh saja karena motivasi yang tidak ada hubungannya dengan tujuan utama yaitu mencari penghasilan. Bahkan, jika semua point di atas masuk dalam motivasi anda, akan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Setelah menentukan motivasi, saatnya mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung bisnis peternakan. Dibawah ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan:
  1. Lahan. Mempunyai lahan sendiri, tentu lebih bagus daripada menyewa. Faktor sumber air juga penting.
  2. Bangunan.
  3. Tenaga kerja
  4. Sumber Dana Keuangan
  5. Adanya Penyuluh Peternakan
  6. Ketrampilan dan Pengalaman dalam bidang peternakan.
  7. Peralatan pendukung peternakan.
  8. Konsumen yang akan memebeli produk anda.
  9. Bakat dan minat anda. Faktor sumber daya manusia juga penting. Jadilah orang yang kreatif. Cari masukan dan informasi sebanyak-banyaknya dari orang lain.
Selanjutnya adalah, masalah-masalah yang biasa dihadapi   dalam bisnis peternakan:
  1. jarak yang jauh dari tempat pemasaran. ini akan menyebabkan biaya transprtasi tambahan.
  2. kesulitan mendapatkan tenaga kerja.
  3. pengurusan surat ijin.
  4. pembiayaan tenaga kerja.
  5. lokasi pendukung yang tidak memadai. misalnya jalan akses yang buruk.
  6. pengelolaan limbah kotoran.
 Dan yang terakhir, menentukan jenis ternak. Seperti diawal tulisan ini, saat ini sub sektor peternakan sapi potong adalah adalah peluang bisnis peternakan yang tepat. Dan akhir kata, semuga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Sapi Perah, Ayam Buras, Ayam Potong, Ayam Petelur,Kambing PE, Itik dan Enthok - See more at: http://jombangkab.go.id/index.php/page/detail/info-potensi-sektor-peternakan-produk-unggulan-sektor-peternakan-kabupaten-jombang.html#sthash.MkVBRIa3.dpuf
Sapi Perah, Ayam Buras, Ayam Potong, Ayam Petelur,Kambing PE, Itik dan Enthok - See more at: http://jombangkab.go.id/index.php/page/detail/info-potensi-sektor-peternakan-produk-unggulan-sektor-peternakan-kabupaten-jombang.html#sthash.MkVBRIa3.dpuf

Suka artikel ini? Bagikan:
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peluang Bisnis Peternakan Yang Menjanjikan

3 comments:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  2. Ijin Post Yahh bossku
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    ReplyDelete